Warga Dusun Sumberan Masih Kesulitan Air Bersih

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hingga saat ini, sebagian besar warga Dusun Sumberan, Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban masih kesulitan air bersih.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, untuk mendapatkan air bersih. Warga harus mengantre dengan membawa jerigen di sebuah penampungan (bak) yang terletak di dusun setempat.

Menurut salah satu warga yang setiap harinya mengambil air di bak, Muhlisoh (35) mengaku aktifitas mengambil air (ngangsu) ini, sudah sejak dari dulu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari meskipun itu di musim penghujan.

Dengan membawa sepeda motor ia bisa membawa dua cerigen air setiap kali berangkat. "Kalau tidak mengangsu ya pasti tidak punya air bersih di rumah, lha terus masaknya pakai air apa?" ucap Muhlisoh.

Terpisah warga lain, Darmaji mengaku, kegiatan mengambil air di bak ini sudah menjadi rutinitasnya setiap hari. Terkadang tidak hanya siang hari warga mengantre, tetapi pada malam hari.

"Sebagian besar warga disini masih mengangsu. Ada PDAM namun belum disalurkan ke rumah penduduk karena sumbernya kecil," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Dagangan, Sri Endang Mudawamah mengatakan, bahwa sebagian besar warganya mengambil air bersih di sebuah bak yang diambil dari sumber di kawasan gunung.

"Di Dusun Dagangan sudah ada PDAM, namun Sumbernya kecil sehingga tidak memenuhi kebutuhan penduduk. Rencananya akan dilakukan pengeboran lagi dengan sumber yang lebih besar," kata Kades.[hud/ito]