Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pengamanan saat libur lebaran memang harus jadi prioritas. Sebab, masyarakat tidak ingin ada hal yang tidak diinginkan di tempat kunjungannya. Untuk itu, Polisi sebagai pelindung masyarakat memiliki peran penting.

Sebagian besar masyarakat saat libur lebaran, selain silaturahim tentu kebanyakan melakukan kunjungan tempat wisata. Mereka menghabiskan waktu libur kerja dengan berbagi kebahagiaan bersama keluarga di spot yang jadi pilihan.

Salah satu area yang jadi pilihan di kota Tuban adalah wisata alam pemandian air hangat, Nganget. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kunjungan masyarakat paling meningkat ketika H-3 lebaran. Sebab, di hari pertama dan ke dua sebagian masyarakat lebih memilih silaturahmi ke sanak saudara.

"Yang sudah-sudah, kalau hari pertama sepi, kemungkinan besuk hari ke tiga baru membeludak," terang Kapolsek Kenduruan, AKP Subagyo ketika dikonfirmasi blokTuban.com mengenai pengamanan wisata.

Untuk menjaga ketertiban dan keamanan, pihaknya akan menyiagakan pasukan di lokasi wisata. Tujuannya, ketika ada petugas yang berjaga di lokasi,  wisatawan mendapatkan keamanan dan kenyamanan saat rekreasi.

Jika sudah aman, lanjut perwira Polisi dengan pangkat tiga balok di pundaknya itu yakin, Kecamatan Kenduruan di dunia luar terkenal aman dan jadi prioritas tujuan wisatawan. Ketika sudah terpercaya, tegas dia, bisa mengatrol pendapatan masyarakat dari hasil industri rumahan rakyat.

"Kita ambil contoh Tape Tawaran. Jika wisatawan merasa nyaman datang ke Kenduruan, maka hasil olahan Tape pasti ramai diburu," paparnya. [rof/col]