Tingkatkan Soliditas, Pagar Nusa Gelar Halal Bihalal

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tingkatkan soliditas antar pendekar, ratusan anggota Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) Tuban Selatan menggelar halal bihalal. Acara yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri tidak kurang 600 pendekar dari dua Pimpinan Anak Cabang (PAC), Selasa (27/6/2017).

"Sengaja kita gelar secara bersama dari PAC Senori dan Bangilan," ujar Ketua PAC Bangilan, A. Qosim Junaidi kepada blokTuban.com di derah ring satu Migas Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Tuban.

Pendekar asal Ngrojo, Bangilan itu menambahkan, tradisi halal bihalal sebagai wujud nyata kecintaannya akan tradisi di tubuh NU. Selain itu, juga usaha mewujudkan persatuan dan kesatuan antara pendekar Pagar Nusa untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Sebagai Badan Otonom (Banom) NU, Pagar Nusa siap dan setia di garda depan demi tegaknya NKRI," tegas Juned, sapaan akrabnya.

Terpisah, Pimpinan Cabang (PC) Pagar Nusa, Abdul Mujib menuturkan, dengan adanya halal bihalal, kita anggap sebagai wadah dan sarana silaturrohim antar warga Pagar Nusa. Selain itu juga sebagai solusi mencari kelemahan organisasi, untuk menuju Pagar Nusa yang lebih baik.

"Harapan kami, agar acara serupa seperti ini bisa dikembangkan di setiap daerah, baik tingkat ranting dan PAC yang lain untuk menunjukkan soliditas organisasi," tutur Mujib ketika dikonfirmasi wartawan media ini, usai acara.

Menurut dia, jika acara semacam ini bisa dikembangkan, soliditas akan terjaga. Sehingga, lanjut dia, Pagar Nusa akan madiri dalam sumber daya anggota dan mandiri dalam sumber dana organisasi.

"Jika bisa solid, kita bisa mandiri. Tentunya akan lebih bisa berbuat banyak untuk lebih bermanfaat pada organisasi, keluarga, masyarakat, khususnya mengabdi Agama dan Negara," pungkasnya. [rof/rom]