Sore Ini, Tim BHR Tuban Rukyat di Banyuurip

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Rukyatulhilal atau melihat bulan untuk menentukan awal Satu Ramadan dan satu Syawal yang dilakukan Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kementerian Agama (Kemenag) Tuban tampaknya masih sama. Yakni, di perbukitan Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban.

Berdasarkan surat edaran Kemenag Tuban Nomor B-1658/ Kk.13.17.7/ Hk.03.2/ 6/ 2017 penentuan awal satu Suawal akan dilangsungkan sore ini, Sabtu (24/6/2017). Acara berlangsung di tempat yang sam seperti rukyatul hilal satu Ramadan, yakni di mess pegawai KSO PT Pertamina EP, Geo Cepu Indonesia (GCI), Banyuurip.

"Kegiatan ini dilakukan berdasarkan surat edaran Kemenag Provinsi Jawa Timur dan rapat tim BHR Tuban," ujar Kepala Kemenag Tuban, Sahid dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartawan media blokTuban.com, Sabtu (24/7/2017).

Untuk sementara, lokasi ini dianggap cukup representatif dibanding lokasi lain di Bumi Wali. Meskipun pada rukyatul hilal penentuan awal puasa lalu tidak berhasil, karena kondisi cuaca berkabut.

"Rukyatul hilal satu Syawal di Distrik Satu Kawengan nanti, dimulai pukul 16.00 WIB hingga selesai," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com, alasan dipilihnya puncak Banyuurip karena tempatnya cukup representatif. Sebab, lokasi tersebut berada pada garis Lintang 07° 03' 35.25" LS, Bujur 111°41' 17.37" BT dengan ketinggian 260 meter di atas permukaan laut (dpl). [rof/ito]