Diprediksi Macet, Arus di Depan Pasar Hewan Lancar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pasar hewan Jatirogo, termasuk yang diprediksi menjadi titik kemacetan jalur alternatif menjelang arus mudik. Sebab, di pasar yang berdiri tepat di Jalan Raya Timur, Jatirogo, Kabupaten Tuban, ini di hari-hari biasa parkirnya cukup padat hingga tumpah ke bahu jalan.

Namun berdasarkan keterangan petugas Kepolisian pengendali lalu lintas di lokasi pasar, pada hari ke 28 bulan puasa ini, suasana lalu lintas cukup lengang. Tumpukan truk pengangkut ternak pun tidak nampak memenuhi lokasi parkir pasar.

"Arus lalu lintas lancar, sebab tumpukan kendaraan di lokasi yang kerap jadi titik kemacetan ini, hampir tidak ditemukan sejak pagi," ujar petugas lalu lintas dari Polsek Jatirogo, Bripka Yulistiono saat ditemui wartawan media ini di lapangan, Jum'at (23/6/2017).

Biasanya, ketika pasaran yang jatuh pada hari Jum'at, untuk mengurai kemacetan, petugas kepolisian bersama juru parkir pasar berjibaku berusaha menertibkan kendaraan yang rata-rata bermuatan hewan ternak. Tidak jarang, di sepanjang jalan Provinsi ini, kemacetan mengular hampir satu kilo meter setiap Jum'at.

"Meskipun sepi, namun dari anggota Polisi tetap siaga memantau di lokasi, untuk antisipasi macet sewaktu-waktu," tandas Polisi muda itu.

Berdasarkan informasi yang didapat dari warga sekitar, pasar hewan ini kerap memacetkan arus lalu lintas setiap hari Jum'at, terlebih di bulan Dzulhijjah menjelang Lebaran Idul Adha. Pengunjung pasar datang dari berbagai daerah, tak hanya dari wilayah Tuban, namun juga Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Tak sedikit pengguna jalan mengeluh akibat kemacetan, mereka harus mengantre menunggu mobil bermuatan hewan keluar masuk pasar. Bahkan beberapa truk bermuatan sapi tampak melintang di tengah jalan untuk berputar memasuki parkiran yang berada di pinggir bahu jalan tersebut.

"Jalanan macet, mobil terpaksa harus merayap," tutur pengendara mobil pick up yang hendak melintas, Supri. [rof/ito]