Penumpang Bus AKAP Tuban-Jakarta Mulai Meningkat

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Empat hari pasca lebaran hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, penjualan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mulai ramai diburu pemudik. Hal itu dibuktikan meningkatnya penjualan tiket bus yang mengangkut penumpang dari Tuban Selatan ke Ibu Kota itu.

Berdasarkan hasil penelusuran blokTuban.com di sejumlah agen tiket di beberapa wilayah menyebutkan, bahkan untuk melayani pemudik yang hendak kembali bekerja di Jakarta dan sekitarnya, perusahaan otobus (PO) menambahkan armadanya.

"Hari ini sudah mulai ramai yang hendak kembali ke Jakarta," ujar penjual tiket bus AKAP di Kecamatan Jatirogo, Nawang Wulan Sari (45) kepada blokTuban.com di lapaknya yang berada di Jalan Raya Barat, Jatirogo, Kamis (29/6/2017).

Wulan, begitu ia disapa menjelaskan, satu hari ini, dirinya memberangkatkan penumpang dua armada. Sedangkan menurut wanita berhijab itu, puncak arus balik diperkirakan akan jatuh pada hari Minggu (2/7/2017).

"Untuk melayani arus mudik, PO yang kita tangani menyediakan sampai 7 Armada bus AKAP, Tuban-Jakarta," beber Wulan.

Terpisah, agen tiket bus AKAP di pangkalan Singgahan kepada blokTuban.com menambahkan, pengguna jasa angkut bus dari sekitar Singgahan ke beberapa kota di Jakarta cukup tinggi. Sebab, sebagian masyarakat di wilayah tersebut menggantungkan hidupnya di kota.

"Sejak lebaran pertama sudah ada yang pesan tiket, namun perkiraan puncaknya besuk Jum'at (30/6/2017)," terang Wiyono (47) agen bus AKAP di Kecamatan Singgahan.

Lanjut Wiyono saat ditemui di pangkalan bus AKAP, jika dibanding dengam hari biasa perbedaannya cukup mencolok. Ketika musim balik lebaran seperti ini, PO yang ia kelola menambahkan armada bus hingga dua kali lipat.

"Ketika arus balik armada yang mengangkut bisa sampai 6 awak bus. Namun jika hari biasa paling ada dua hingga tiga bus," pungkasnya. [rof/ito]