Wajib Tahu! Ada Subsidi Bibit Jagung Untuk Petani

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Untuk meningkatkan hasil produksi jagung, pemerintah berencana akan memberi subsidi bibit bagi petani. Benih subsidi, rencananya akan didroping ke masing-masing kelompok tani sesuai luasan lahan.

Hal itu disampaikan kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Jatirogo, Linggo Indarto saat ditemui blokTuban.com di kantornya yang berda di Desa Paseyan, Kecamatan Jatirogo, Rabu (31/5/2017).

"Kecamatan Jatirogo dapat jatah 1000 hektar lahan jagung, per hektar akan mendapat 15 kg bibit jagung," terang pria berseragam putih hitam itu, saat bertemu awak media blokTuban.com.

Untuk bisa menikmati benih subsidi tersebut, ditegaskan Linggo, petani harus tergabung dalam kelompok tani. Selain itu, juga harus melalui mekanisme yang ditentukan Dinas. Jenis benih subsidi yang akan diterimakan adalah jagung hibrida.

Waktu pendistribusian lanjut dia, diperkirakan pada bulan Oktober hingga November. Untuk masing-masing petani, agar selalu berkoordinasi dengan ketua kelompoknya.

"Karena bantuan benihnya terbatas, setiap kelompok tani dijatah 25 hektar. Tentu prioritasnya adalah, petani yang belum pern mendapat bantuan benih yang sama tahun sebelumnya," tegas Linggo.

Dengan adanya subsidi benih, diharapkan produksi jagung di Kabupaten Tuban, khususnya Jatirogo semakin meningkat. Dengan begitu, akan tercapai swa sembada pangan. [rof/ito]