Kemarau, Manfaatkan Embung Berburu Ikan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Warga Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban memanfaatkan embung untuk mencari ikan. Sebab, ketika musim kemarau seperti saat ini, jumlah airnya menyusut. Sehingga, warga begitu mudah menangkap ikan di sisa air yang ada dengan menggunakan jaring.

Kegiatan menangkap ikan di embung itu, dilakukan oleh beberapa orang dewasa dan anak-anak di hari pertama puasa Ramadan kali ini, sambil ngabuburit. Menurut salah satu warga, Kasmuri tangkapan ikan untuk disantap saat berbuka nanti.

"Lumayan bisa dimasak untuk lauk ketika buka puasa nanti," ujar bapak dua anak itu kepada blokTuban.com, Sabtu (27/5/2017).

Tidak setiap hari warga setempat menangkap ikan. Karena harus menunggu musim kemarau dan airnya berkurang. Jika beruntung, warga bisa pulang membawa ikan jenis lele, kutuk (dendeng), nila, bader dan mujair.

"Semoga tangkapan kali ini beruntung bisa bawa pulang ikan melimpah," imbuuhnya penuh semangat menenteng jaringnya.

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi embung, jaring dibentangkan memenuhi embung. Beberapa orang menariknya dari ujung barat hingga timur embung. Sesekali salah seorang memberi aba-aba untuk berhenti, karena ada ikan yang menyangkut.

"Stop stop, ada yang nyangkut. Saya ambil dulu," teriak seorang warga, Sani di tengah embung seluas sekitar setengah hektar itu.

Setelah ikan berhasil ditangkap, seorang anak yang kebagian membawa karung bergegas menghampiri Sani untuk menerima ikan dan dimasukkan ke dalam karung. Senyum lebar di muka para pencari ikan, menandai usahanya tak sia-sia. [rof/rom]