Bupati Targetkan Penerimaan Zakat Rp 5 Miliar

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Potensi penerimaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) di Kabupaten Tuban pada 2017 ini, menurut Bupati Tuban, Fathul Huda perlu ditingkatkan. Tahun ini, ia menargetkan penerimaan ZIS menyentuh Rp5 miliar.

Diketahui, potensi penerimaan zakat di Tuban semestinya Rp11 miliar, yang bersumber dari beberapa lapisan masyarakat, baik PNS ataupun perusahaan dan perbankan. Namun pada dua tahun terakhir, penerimaan zakat baru mencapai Rp2,8 miliar dan Rp3,8 miliar.

"Meski demikian, penerimaan ini (sejak dua tahun terakhir) masih jauh dari potensi. Namun trend penerimaan zakat yang meningkat, kami optimis dapat mencapai Rp10 miliar pada tahun-tahun mendatang," kata Fathul Huda.

Untuk itu, ia berharap, pihak terkait mampu menjalin komunikasi yang baik dengan pihak yang berpotensi membayar zakat. Sehingga dengan pendapatan zakat yang maksimal, dapat berdampak pada pengentasan angka kemiskinan melalui program penyaluran ZIS.

"Diminta Baznas dalam menyalurkan zakat untuk berkoordinasi dengan Bappeda, Dinas Sosial dan Badan Statistik Kabupaten Tuban," ujarnya. [dwi/rom]