Potensi Zakat di Lingkungan Pemkab Tuban Capai Rp11 M

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Potensi penerimaan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mencapai Rp11 miliar.

Bupati Tuban, Fathul Huda lantas berharap hal serupa ada pada tingkat perusahaan di Tuban juga berbanding dengan capaian zakat, infaq dan sedekah. Apalagi, dengan banyaknya perusahaan baik skala kecil hingga multi nasional tentu mampu membantu Pemkab Tuban dalam upaya pengurangan angka kemiskinan.

"Data menyebut angka kemiskinan mencapai 17,08 persen dan dengna usaha yang sungguh-sungguh pengentasan kemiskinan bukan tidak mungkin," kata Fathul Huda, dalam Pelantikan Pimpinan dan Pengukuhan Unit Pengumpul Zakat (UPS), Kamis (27/4/2017).

Informasi yang diterima blokTuban.com menyebut penerimaan zakat, infaq serta sedekah setisp tahun mengalami kenaikan. Tercatat pada 2015 penerimaan ZIS mencapai Rp2,8 miliar. Kemudian pada 2016 penerimaan meningkat menjadi Rp3,8 miliar.

"Dalam waktu satu tahun meningkat Rp1 miliar, kami patut berterimakasih kepada para PNS yang membayar zakat, infaq dan sedekah," ujar politiis asal Montong ini. [dwi/col]