Penyaluran Zakat Tuban Sasar 10.000 Orang

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penyaluran Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) di Kabupaten Tuban menyasar 10.000 kaum muslimin atau bagi mereka yang berhak menerima zakat.

Penerimaan zakat dari golongan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tuban yang bertambah dua tahun terakhir, berimbas pada peningkatan penerima pembagian zakat.

Diketahui, pada 2015 lalu penerimaan ZIS mencapai Rp2,8 miliar. Dengan penyaluran sekitar Rp1,48 miliar dengan sasaran 6.000 orang. Lantas penerimaan meningkat pada 2016 lalu yang mencapai Rp3,8 miliar dengan penyaluran sekitar Rp2,26 miliar untuk sasaran 10.000 orang.

Dengan demikian, peningkatan pengumpulan ZIS sebesar Rp1 miliar mampu menambah sasaran penerima sekitar 4.000 orang. Namun, menurut Bupati Tuban, Fathul Huda, penerimaan tersebut baru bersumber dari ASN saja.

"Namun demikian, penerimaan ZIS yang mencapai Rp3,8 miliar dari PNS, sedangkan potensi penerimaan zakat sendiri Rp11 miliar masih jauh dari target," kata Fathul Huda.

Sedangkan penerimaan zakat dari perusahaan dan perbankan belum tergali. Orang nomor satu di Kabupaten Tuban tersebut berharap, setiap perbankan dan perusahaan harusnya dapat berpotensi membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tuban. Serta peningkatan kesadaran dari PNS lainnya. [dwi/rom]