Era Digital, UKM Diharapkan Lebih Inovatif

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Di era-globalisasi seperti sekarang ini, diharapkan setiap Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa berinovasi mengikuti perkembangan zaman.

Hal itu dilakukan agar produk-produk yang diciptakan oleh UKM bisa bersaing dalam menghadapi dunia usaha global.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag), Endang Trimedya mengatakan, bahwa di era-digitalisasi dan modernisasi setiap pelaku industri dalam hal ini UKM haruslah memiliki keahlian di bidang pemasaran produk.

UKM harus bisa lebih inovatif dalam segala aspek, apalagi sekarang sudah masuk perdagangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Harus inovatif di era-digital, sekarang apalagi zamannya MEA," ujar Mei, sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Kamis (23/3/2017).

Dia melanjutkan, jika UKM tidak inovatif maka besar kemungkinan usahanya akan semakin ketinggalan. Oleh karenanya, UKM harus terus mengikuti perkembangan global. Kalau dulu harus dari pintu ke pintu, tapi sekarang harus mulai memanfaatkan teknologi.

"Pelaku UKM harus lebih inovatif dalam segala hal, agar usahanya terus berkembang. Perkembangan teknologi informasi juga sangat berpengaruh," pungkasnya. [nok/rom]