PBG Tuban Gelar Workshop dan LKTI Berbasis TIK untuk Guru

Pengirim: Kreatif TIK

blokTuban.com - Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tuban, Pusat Belajar Guru (PBG) menyelengarakan Workshop dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Acara diikuti oleh puluhan guru jenjang TK/RA, SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK dan akan berlangsung selama bulan Februari hingga Mei 2017.

Acara dibuka dengan terselenggaranya workshop Penelitiaan Tindakan Kelas (PTK) pertama untuk jenjang TK/RA dan SD/MI, Senin (27/2/2017). Kegiatan dibuka oleh perwakilan Ketua Umum Pengelola PBG Tuban, Fathul Mu’in dan juga perwakilan dari Relawan TIK (RTIK) , Rifaun Naim. Hadir pula Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Tuban , Rasmani.

Dalam sambutan pembukaan acara, Ketua Umum Pengelola PBG Tuban, Fathul Mu’in, mengatakan bahwa guru-guru yang telah terdaftar sebagai peserta ini merupakan guru-guru hebat dan punya nyali untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan Tuban.

“Hanya guru-guru yang punya nyali lah yang mengikuti kegiatan workshop dan lomba ini. Dengan diadakan karya tulis ilmiah ini, lewat tulisan nantinya semua akan berkompetisi menjadi yang terbaik dalam hal menemukan metode pembelajaran yang optimal,” ujarnya dalam sambutan.

Senada dengan hal ini perwakilan dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Tuban, Rasmani juga menegaskan bahwa salah satu upaya meningkatkan kompetensi pendidikan adalah dengan karya tulis.

“Menggali masalah dalam pembelajaran, meneliti, mencari solusi merupakan upaya dalam pembuatan karya tulis ilmiah penelitian tindakan kelas. Dari sinilah akan meningkatkan kompetensi pendidikan dan di tangan guru-gurulah nanti pendidikan Tuban akan maju,” ungkapnya.

Kegiatan ini diprakarsai oleh ExxonMobil Cepu Limited dan difasilitasi oleh Pusat Belajar Guru Tuban dan Relawan TIK serta didukung oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Tuban.

Guru-guru tiap jenjang yang karyanya terbaik nantinya akan diberikan hadiah serta sertifikat dan piagam. Diharapkan nantinya karya tulis ilmiah tersebut menggunakan media berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) secara baik. Karena TIK saat ini merupakan media yang cukup bisa menunjang proses pembelajaran dalam segala bidang ilmu. [col]