Membentuk Kepribadian Anak Sejak Dini

Oleh: Khairul Candra*

Judul Buku   : KONSEP DASAR PAUD
Pengarang    : Novan Ardy Wiyani,M.Pd.I
Penerbit        : Gava Media
Tahun           : 2016
Edisi             : Cetakan pertama
Halaman       : viii+220
ISBN             : 978-602-6948-08-3
Desain cover : Dharna A.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang baik. Tujuannya agar peserta didik bisa aktif dan kreatif dalam mengembangkan potensi dirinya. Terutama untuk memiliki kekuatan kecerdasan spiritual, otak dan perilaku dengan harapan bisa ikut memajukan negara.

Pada dasarnya anak merupakan titipan Tuhan Yang Maha Esa. Agar dijaga dan dididik menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negara. Orang tua harus memikirkan kebutuhan anaknya akan pendidikan. Pendidikan pada anak usia dini sangatlah penting, sebab pada masa itu anak mengalami masa keemasan (golden age). Pendidikan sejak dini dapat menggali dan mengoptimalkan potensi anak yang memiliki karakteristik khas dan unik pada setiap anak.

Setiap orang tua ataupun guru harus memahami kebutuhan setiap anak didiknya sesuai fase perkembangan anak dan potensi anak. Karena anak memiliki potensi yang hendaknya dioptimalkan sesuai dengan kemampuannya agar menjadi individu yang aktif dan kreatif.  Tentunya dengan mempersiapkan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus memiliki pedoman konseptual maupun teknis yang mantap.

Sesuai dengan kebutuhan di atas, lewat buku Konsep Dasar PAUD ini, penulis mencoba memberikan inovasi kepada setiap orang tua dan guru untuk mengoptimalkan potensi yang ada pada diri anak. Buku ini juga bisa jadi pedoman bagi penyelenggara pendidikan PAUD. Metode yang diberikan, mengajak orang tua dan guru untuk mendidik anaknya sesuai dengan kebutuhan anak, landasan pendidikan, proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, dan melakukan evaluasi untuk melihat adanya perkembangan potensi pada diri anak dalam kegiatan pembelajaran.

PAUD dapat diartikan sebagai salah satu bentuk jalur pendidikan dari usia 0-6 tahun dan merupakan jenjang pendidikan dasar bagi anak untuk memiliki kesiapan memasuki pendidikan ke Sekolah Dasar. Untuk itu secara garis besar melalui buku ini pembaca di bimbing dalam berbagai ilmu yang berkaitan dengan PAUD.
    
Buku ini ditulis Novan Ardy Wiyani, dengan kecintaannya sebagai pendidik yang mengantarkannya mengajar di berbagai sekolah, dari sekolah PAUD sampai Universitas.  Novan Ardy menyajikan buku ini sebagai sumber informasi yang mengenai penyelenggaraan PAUD dengen pembahasannya yaitu lembaga, pendidik, anak didik, kurikulum, dan terakhir teentang Tripusat PAUD.

Novan Ardy berharap para pembaca bisa mengikuti metode yang dibagikannya untuk menambah pengetahuan seseorang dalam mendidik karakter kepribadian anak pada usia dini. Buku  ini memiliki keistimewaan tersendiri yaitu pada keseluruhan isi buku ini terpapar penjelasannya yang begitu sempurna dan lengkap. Seperti penerapan pengajaran yang diberikan kepada siswa PAUD sudah menurut kurikulum K13 (2013). Selain itu juga ditambahi dengan kurikulum yang sebelum-sebelumnya.

Semoga dengan kehadiran buku ini bisa mengubah dan meningkatkan pola pikir masyarakat terutama orang tua tentang pentingnya mendidik kepribadian anak dari usia dini. Karena anak yang memiliki kepribadian yang baik dari kecil pasti sampai besar dia juga memiliki kepribadian yang baik. Dan orang yang memiliki kepribadian yang baik pasti masa depan meraka akan menjadi cerah dan sukses.

Berdasarkan penjelasan itu semua dapat disimpulkan bahwa, setiap orang tua pasti mengiginkan anaknya supaya bisa hidup dengan baik, berpendidikan dan berkepribadian yang baik dimasa depan. Tetapi untuk mencapai itu semua tidak semudah yang dibayangkan seperti semudah membalik telapak tangan. Maka untuk mencapai itu semua, berbagai cara yang dilakukan orang tua untuk mendapat hasil yang mereka inginkan.

Maka demi memenuhi segala keinginan itu semua, penulis memberikan wawasan lewat buku ini supaya bisa dijadikan pedoman bagi orang tua dan guru-guru dalam mendidik anak usia dini dengan baik dan benar karena anak merupakan titipan Tuhan Yang Maha Esa.

*Peresensi adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia.