Pelayanan USG Gratis, Diagnosa Kebuntingan Kambing

Pengirim: Retna Dewi Lestari

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Dies natalis program studi produksi ternak Politeknik Pertanian dan Peternakan, Mapena Tuban, menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat, berupa layanan diagnosis atau tes kebuntingan kambing menggunakan teknologi ultrasonografi (USG).

Kegiatan yang bertujuan untuk pemberdayaan ilmu dan kreatifitas civitas akademik itu dalam rangka membantu masyarakat peternak, dan membawa tema besar 'Melalui Ternak Membangun Bangsa.'

Event yang diadakan pada tanggal 17 Oktober 2016 menyasar kelompok ternak Saraswati, yang dihadiri peternak, mahasiswa dan dosen Politeknik Pertanian dan Peternakan Mapena Tuban.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu dengan memberikan penyuluhan tentang program reproduksi ternak dan pelayanan deteksi kebuntingan dengan menggunakan teknologi USG. Selain itu, terdapat juga sesi pelatihan untuk mahasiswa tentang aplikasi USG untuk diagnosa kebuntingan yang menghadirkan praktisi USG dari Bandung, Kusman Slamet, S.Pi.

"Kegiatan ini sangat positif, dalam rangka bentuk transfer knowledge dan membantu peternak mengetahui status kebuntingan ternaknya," kata Ali Saifudin, drh., M.Sc selaku Kaprodi produksi ternak Politeknik Pertanian & Peternakan Mapena Tuban.

Menurutnya kepastian stasus kebuntingan ini penting karena waktu produksi yang hilang akibat infertilitas dapat ditekan dengan penanganan yang tepat. [rom]