Pengantar Pendidikan

Oleh: Fajar Wijaya Mukti

Menurut UU Sisdiknas No.20 tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Buku Pengantar Pendidikan ini memaparkan berbagai aspek yang berhubungan dengan dunia pendidikan, dan diharapkan dapat memberikan pengantar kepada para mahasiswa yang mempelajari mata kuliah pengantar pendidikan agar dapat memahami pendidikan dan memberikan gambaran umum tentang dunia pendidikan. Buku ini juga diharapkan dapat menambah khasanah keilmuan dalam dunia pendidikan bagi para dosen dan mahasiswa serta memberikan inspirasi bagi para pengambil keputusan agar tidak terjadi ”salah kaprah” dalam membuat kebijakan dan keputusan bagi dunia pendidikan Indonesia.

Kalau setiap dosen dan guru maupun mahasiswa membaca buku Pengantar Pendidikan yang ditulis oleh Amin Kuneifi ini, tentunya mereka akan dapat memahami seperti apa pendidikan itu. Apa yang harus dilakukan dalam menghadapi siswa dan bagaimana mengelola kelas dengan baik. Dalam buku ini, tertulis banyak hal tentang perilaku manusia sebagai makhluk sosial dan dipengaruhi oleh lingkungan rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. Buku ini juga membahas berbagai persoalan yang dihadapi siswa dan bagaimana cara menghadapi persoalan tersebut. Buku ini penting untuk dibaca calon guru ataupun dosen agar mendapatkan wawasan tentang pendidikan secara luas.
 
Dimulai dengan Sifat dan Hakikat Manusia di bab pertama, Amin kuneifi ingin memberi pengertian kepada pembaca bagaimana menghadapi dan mengembangkan potensi, keunikan, dan dinamika manusia. Sebagai penulis, Amin Kuneifi menjabarkan secara rinci tentang pengertian pendidikan, karakteristik sistem pendidikan nasional hingga pendidikan masa depan menghadapi abad ke-21. Bahasa yang sulit dipahami untuk beberapa kalangan menjadi kekurangan buku ini, selain itu tidak konsistennya warna isi buku akan sedikit mengganggu kenyamanan pembaca. Namun, terlepas dari kekurangan yang ada, buku ini layak dimiliki oleh semua kalangan khususnya dosen, guru dan mahasiswa yang menginginkan wawasan pendidikan secara luas. [rom]

Buku       : Pengantar Pendidikan
Penulis    : Amin Kuneifi
Tahun     : 2016
Tinggi     : 21cm
Lebar      : 14.50cm
Berat      : 167.80 gr
Halaman : 144
Penerbit  : Erlangga