Di Kerek, Harga Cabai Rawit Hijau Turun, Bawang Merah Naik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Harga cabai rawit hijau di Pasar Desa Margomulyo, Kecamatan kerek, Kabupaten Tuban, Minggu (12/2/2017) mengalami penurunan. Dari pantauan blokTuban.com, menurunya harga cabai rawit tersebut tidak dibarengi dengan menurunya harga komoditas dapur yang lain.

Justru, di pasar yang paling ramai di Kecamatan Kerek tersebut harga bawang merah semenjak sekitar tiga hari terakhir ini mengalami kenaikan hingga sekitar 30 persen.

Salah satu pedagang di pasar tersebut Poniran, mengatakan harga cabai hijau saat ini turun menjadi Rp50.000 dari sebelumnya, harga cabai rawit hijau yang mencapai Rp60.000.

"Hari ini menurun, bisa saja besok harganya naik lagi," kata Poniran kepada blokTuban.com.

Sedangkan untuk harga bawang merah. Lanjut Poniran, sekarang ini mengalami kenaikan, kemungkinan kenaikan tersebut dipengaruhi oleh faktor cuaca, dan pasokan yang lebih rendah dibandingkan permintaan di pasar. "Mungkin naiknya harga bawang merah ini, dikarenakan cuaca buruk," ujar Poniran.

Terpisah salah satu penjual yang lain, Samini (48) mengatakan hal senada, hari ini harga cabai rawit hijau ada penurunan, namun berbeda dengan harga bawang merah yang justru mengalami kenaikan.

"Sekarang harga cabai Rp47.000 per kilogram, sebelumnya mencapai Rp60.000, sedangkan untuk bawang merah naik menjadi Rp30.000 yang sebelumnya Rp24.000," tambah Samini. [hud/col]