Warga Berebut Ribuan Liter Solar

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Puluhan warga yang ada di sekitar lokasi kejadian truk tangki yang terguling di Jalan Hos Cokroaminoto, Kabupaten Tuban, berebut tumpahan solar. Truk solar dengan Nopol L 9880 UK itu mempunyai kapasitas penyimpanan sampai 36 ribu liter.

Baca juga [Jalan Hos Cokroaminoto Ditutup]

Warga berebut solar dengan beragam cara, ada yang langsung mengambilnya dari penutup tangki, kemudian di badan jalan yang berubah menjadi sungai solar dadakan, dan ada juga yang menciduknya dari selokan yang juga penuh dengan solar.

"Daripada terbuang percuma, mending diambil buat kebutuhan," kata Suwarno (43), seorang warga yang ikut berebut solar.

Awalnya hanya beberapa orang yang mengambil solar. Setelah beberapa saat, banyak warga lain yang ikut berduyun-duyun membawa wadah dari botol, timba, dan juga jerigen. "Saya dikabari teman, lagian rumah Saya juga tidak jauh," jelas Wadi (40), seorang warga yang mengaku berasal dari Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding.

Petugas kepolisian di lokasi, sempat beberapa kali memperingatkan warga agar tidak terlalu dekat dengan mobil. Petugas juga terlihat menegur beberapa pria yang kebetulan merokok di sekitar lokasi kecelakaan. "Awas Pak, kalau merokok tolong yang jauh. Itu bahan mudah terbakar," tegur seorang petugas. [pur/rom]