Petani Bawang Merah di Montong Panen Lebih Awal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Petani Bawang Merah di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, melakukan pemanenan di umur 47 hari, atau lebih cepat dibandingkan dengan umur panen pada umumnya, Minggu (29/1/2017).

Hal itu dikarenakan, pada musim ini curah hujan masih tergolong tinggi. Sehingga untuk mengurangi resiko hasil kerugian karena membusuk diguyur hujan terus menerus, petani bawang merah melakukan panen lebih dini.

"Panen kali ini lebih awal, karena curah hujan masih tinggi takutnya yang membusuk lebih banyak," ungkap salah satu petani bawang merah asal Desa Montongsekar Budi Santoso.

Masih kata Budi, pada umumnya tanaman bawang merah jenis Thailand Nganjuk ini, dipanen dengan usia 60 hari dari waktu menanam, "Seperti musim lalu, umur 60 hari bawang merah baru dipanen," sambung Budi.

Ia menambahkan, dari hasil panen bawang merah sekarang ini hasilnya kurang maksimal bahkan mengalami penurunan, dikarenakan cuacanya yang kurang mendukung. Dari 8.000 meter persegi atau satu hektar kurang, hasil panen sekitar 5 ton.[hud/ito]