Desa Rahayu Digadang Jadi Desa Tangguh Bencana

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Desa Rahayu, Kecamatan Soko memiliki kandungan migas cukup besar di wilayah Tuban, digadang menjadi desa tangguh bencana (Destana).

Sosialisasi dan pembentukan Destana di Desa Rahayu diikuti kurang lebih 100 orang dan perangkat desa terkait. Turut hadir Muspika Soko, BPBD Kabupaten Tuban dan Joint Operating Body Pertamina East Java (JOB PPEJ).

Kepala BPBD, Joko Ludiyono sekaligus pihak terkait dalam pembentukan Desatan menyampaikan, sosialisasi kepada warga untuk bisa tanggap bencana, sebab andai terjadi bencana di tengah masyarakat Rahayu, mereka yang lebih dulu tahu.

"Khusus Desa Rahayu akan dibentuk desa tangguh bencana yang pengurusnya ditunjuk oleh Kades Rahayu dengan tujuan dari masyarakat untuk masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Rahayu, Sukisno mengatakan, sangat penting untuk masyarakat dibentuk tim dalam peneguhan Destana. Ia mengimbau warga untuk sadar mendahulukan kepentingan masyarakat, sebab konflik yang terjadi sebelumnya berbeda untuk kali ini. Meskipun kondisi masyarakat Rahayu dan JOB PPEJ tidak sehat belakang ini.

"Sebagai penguatan kapasitas akan dibentuk tim yang terdiri dari 11 orang lincah, yang melibatkan perangkat desa hingga masyarakat yang tergabung di karang taruna. Nanti akan dilatih BPBD," ujarnya.

Sebab, desa yang berjuluk ceruk migas tersebut berdiri sejumlah perusahaan migas yang membawa dampak positif dan negatif. Namun kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif seperti bocornya gas H2S dan bencana kegagalan teknologi perusahaan perlu diwaspadai sejak dini. [dwi/rom]