Sembuh Dari Sakit, Warga Jatirogo Tasyakuran di Nganget
 
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Setelah bisa dilalui wana wisata sumber air hangat di Sendang Nganget, yang terletak di petak 33 a, RPH Kejuron, BKPH Bangilan, KPH Jatirogo, Jawa Timur, ramai dipadati pengunjung. 
 
Pemandangan tak biasanya terjadi di tempat wisata milik Perhutani tersebut. Hari ini, Jum'at (30/12/2016) selain ramai orang berendam, di salah satu sudut tempat istirahat dalam lokasi wisata terdapat warga memasak 'Becek Kambing' dalam rangka tasyakuran.
 
Kanti, wanita 50 tahun saat ditemui blokTuban.com mengaku, keluarganya sengaja melakukan penyembelihan dan pemasakan kambing di lokasi Nganget, lantaran suaminya yang menderita komplikasi sembuh, setelah satu tahun belakangan ini terapi di situ.
 
"Acara tasyakuran biasa, soalnya suami saya bisa sembuh setelah terapi di sini," ujar wanita asal Desa Sekaran, Jatirogo itu, Jum'at (30/12/2016).
 
Lanjut Kanti menjelentrehkan, pagi tadi, dirinya bersama keluarga datang dengan membawa nasi dan kambing jantan dari rumah untuk disembelih di Nganget. Usai disembelih, dengan dibantu tukang kebon wisata, kambing tersebut dibersihkan dan dimasak di situ.
 
Menurut dia, hal itu dilakukan adanya inisiatif sendiri. Ia berharap dengan sedekah atau istilahnya tolak balak, suaminya tidak lagi terjangkit penyakit seperti sebelumnya. Karena dirinya yakin, dengan berbagi ke sesama, suaminya selalu diberi kesehatan oleh Allah.
 
"Harapannya semoga suami tidak sakit lagi dan dikaruniai kesehatan oleh Allah," tutur wanita yang juga pendidik di salah satu SD di Kecamatan Jatirogo itu.
 
Perlu diketahui, wisata di Tuban selatan ini menjadi daerah tujuan kunjungan bukan karena air hangatnyanya saja. Lebih dari itu, sumber air tersebut dipercaya bisa menyembuhkan komplikasi sperti, stroke, kolesterol, asam urat, dan darah tinggi. Proses penyembuhan dari segala macam penyakit itu dengan berendam di sendang dan tentu saja yakin dan berdoa kepada Sang Khaliq saat berada di lokasi Sendang Nganget. [rof/ito]