Usai Dilantik, Tugas Penting PAC GP Ansor Singgahan Menanti

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuba.com - Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Singgahan masa khidmat 2016-2018 resmi dilantik oleh Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Tuban di gedung Muslimat, Singgahan, Kabupaten Tuban, Kamis (29/12/2016).

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah janji pengurus, oleh Saiful Aris, perwakilan PC GP Ansor Tuban. Pada kesempatan yang sama juga dilakukan pengukuhan Satkoryon Barisan Ansor Serbaguna (Banser) oleh Ketua Satkorcab GP Ansor Tuban, Syafi'i.

Pelantikan tersebut dihadiri jajaran PC GP Ansor Kabupaten Tuban, PC IPNU-IPPNU Cabang Tuban, Majlis Wakil Cabang Nahdlotul Ulama (MWC NU) Kecamatan Singgahan beserta segenap pengurus Badan Otonomnya (Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU), dan tokoh lintas pimpinan partai politik di Kecamatan Singgahan.

Ketua PC GP Ansor Tuban, H. Syafiq Syauqi melalui Wakil Sekretaris Bidang Komunikasi dan Informasi, Nur Salim mengatakan, tugas besar menanti kepengurusan PAC GP Ansor kedepan. Menurut dia, ada tiga hal penting yang harus dipersiapkan, baik di bidang struktural, kultural, maupun pemberdayaan.

"Sebagai kader NU, GP Ansor harus siap menjalankan tiga aspek tersebut," terang Nur Salim, saat dikonfirmasi blokTuban.com usai pelantikan, Kamis (29/12/2016).

Lanjutnya, kepengurusan PAC GP Ansor Kecamatan Singgahan yang baru, harus mampu melakukan kerjasama internal yang solid. Untuk itu, sistem kaderisasi harus dijalan sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang ada. Selain itu, kata dia, Rijalul Ansor juga menjadi kebudayaan yang harus dipertahankan jangan sampai luntur.

"Semenrara itu, PAC GP Ansor Singgahan juga harus bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah, untuk membangun desa," imbuhnya.

Terpisah ketua PAC GP Ansor terpilih masa khidmat 2016-2018, Ahmad Luthfi mengaku, akan berusaha menjalankan roda organisasi GP Ansor di Kecamatan Singgahan dengan memperkuat ukhuwah Islamiyah antar pengurus dan lembaga lain. Selain itu kata dia, dengan adanya satkoryon Banser, GP Ansor siap membentengi Ulama dan menjaga keutuhan suku, ras, agama, dan budaya yang ada.

"PAC GP Ansor Singgahan siap melakukan konsolidasi dengan lintas organisasi masyarakat demi menjaga Ulama dan keutuhan NKRI," pungkasnya. [rof/ito]