Bupati Minta Kades Segera Susun Rencana Program Desa

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Secara resmi pelantikan 36 kepala desa (kades) terpilih pada Pilkades serentak 2016 telah dilakukan. Untuk itu, Bupati Tuban Fathul Huda meminta kades tersebut segera menyusun rencana program desa.

Penyusunan program desa, bisa jadi berupa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) ataupun rencana pembangunan tahunan desa. Dalam rencana tersebut diharapkan memberi perhatian terhadap potensisumber daya alam, manusia dan unggulan desa dalam upaya menghidupi dan mensejahterakan masyarakat setempat.

[Baca juga:  36 Kades Terpilih Hasil Pilkades Serentak 2016 Dilantik ]

"Selain menjaga kondusifitas desa pasca pilkades, banyak pekerjaan rumah yang menanti seperti melaksanakan musyawarah desa untuk menyusun APBDes," terang orang nomor satu di Tuban tersebut, Selasa (27/12/2016).

Selain itu, Ia mengharapkan kades yang baru saja dilantik mempelajari Perundangan yang menyangkut Pemerintahan Desa. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai bekal awal menjalankan pemimpinan desa bersangkutan.

Fathul Huda mengibaratkan sebuah kata dalam Bahasa Jawa, "ugemi", kepada tiap kades dalam menjalankan amanat. Artinya, ketika menjalankan tugas, wewenang dan kewajiban dengan sebaik-baiknya. sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya.

"Sebagai orang yang dipercaya memimpin desa, haruslah bersikap adil, tidak pilih kasih serta harus bisa ngemong, nagyomi dan ngayemi segenap warga," tandasnya.[dwi/ito]