Pemkab Bebaskan Lahan 7 KM untuk Tanggul Bengawan Solo

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban terus berupaya menanggulangi luapan banjir bengawan Solo. Seperti diketahui, bengawan Solo kerap kali meluap saat curah hujan tinggi berlangsung.

Hingga kini, setidaknya kurang lebih 7 kilo meter (KM) lahan sudah dibebaskan oleh Pemkab, guna merealisasikan pembangunan tanggul.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan, bahwa Pemkab telah berupaya membebaskan lahan untuk pembuatan tanggul bengawan solo yang berada di wilayah Tuban.

Pembebasan lahan sudah dilakukan beberapa tahun lalu, itu sebagai bentuk upaya Pemkab dalam mengatasi luapan banjir yang kerap terjadi hingga membuat masyarakat mengalami kerugian.

"Pembebasan lahan 7 KM sudah dilakukan sejak 2013, dan hingga sekarang masih terus diusahakan lagi lahannya," ujar Wabup kepada blokTuban.com, Kamis (22/12/2016).

Lebih lanjut, orang nomor dua di Tuban itu menjelaskan, jika pihaknya hanya diberi wewenang untuk membebaskan lahan. Mengenai pembangunannya yang berwenang melakukan adalah Pemerintah Pusat melalui Balai Besar Bengawan Solo.

"Jadi, kami dalam hal ini Pemkab hanya melakukan pembebasan lahan, untuk urusan pembangunan sudah bukan kami, melainkan Pemerintah pusat," pungkasnya. [nok/rom]