Polsek Rengel Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Bersama

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Polsek Rengel mengajak bersama sejumlah tokoh masyarakat di Kecamatan Rengel menjaga keamanan wilayah setempat. Hal tersebut juga dilakukan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

Menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat menjadi salah satu tugas vital aparat kepolisian. Sebab itu Polsek Rengel mengemas ajakan menjaga keamanan dalam kegiatan doa bersama lintas agama dan potensi masyarakat, Rabu (21/12/2016). Kegiatan dilakukan untuk mendukung Operasi Lilin Semeru 2016 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Acara yang disebut juga Sasono Sambung Roso itu berlangsung di halaman Mapolsek Rengel. Turut hadir, Muspika Rengel, KUA kecamatan Rengel, Ketua GP Ansor, tokoh agama Islam, tokoh agama Kristen, senkom dan tokoh perguruan silat yang ada di wilayah Kecamatan Rengel.

Berkaitan dengan akan adanya pergantian tahun, Kapolsek Rengel AKP Musa Bakhtiar meminta kepada pendekar perguruan silat untuk bersama memelihara keamanan secara kondusif. Tetap menjaga ketertiban dengan tidak melakukan arak-arakan, terlebih menggunakan atribut perguruan yang dapat memicu perselisihan antar perguruan pencak silat.

"Atribut perguruan merupakan sesuatu yang terhormat, jangan nodai dengan melakukan hal yang melanggar hukum," tegasnya.

Mantan Kasat Lantas Polres Sumenep tersebut mengharapkan situasi yang aman dapat tetap terpelihara, dan kerukunan serta persatuan dan kesatuan jangan sampai terpecah belah. Ia berkeyakinan, seluruh komponen yang hadir dapat mencerna informasi yang beredar, agar tidak begitu saja menelan mentah-mentah informasi apalagi isu SARA yang kerap berhembus di berbagai media.

"Isu SARA yang kerap berhembus jangan serta merta dipercayai, pastikan kebenarannya, jangan sampai memecah belah persatuan dan kesatuan," terang AKP Musa.

Selain itu, ia juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga toleransi, dan bersama-sama membantu menjaga keamanan perayaan Natal. Setiap lapisan masyarakat diimbau dapat menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah Rengel.

"Dengan menggandeng semua tokoh agama dan seluruh unsur yang ada, kami berharap pelaksanaan operasi lilin semeru 2016 untuk mengamankan Natal dan tahun baru dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib," pungkas AKP Musa.[dwi/col]