Perjalanan HS Pemalsu Dokumen Berharga Berakhir Sudah

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Berakhir sudah perjalanan HS (Lk, 50) alamat Gg.Sedap malam RT/RW:03 Kelurahan Doromukti Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Pria yang dikenal sebagai ahli pemalsu sejumlah dokumen penting berharga ini harus mengakhiri pekerjaannya yang digeluti selama lima bulan terakhir ini.

HS dikenal ahli dalam memalsukan STNK, SIUP, KK, KTP, Akta cerai, Buku Nikah, Ijazah, dan Sertifikat tanah dan beberapa dokumen lain sesuai pesanan. Untuk memperoleh barang tersebut tidak diperlukan waktu lama, hanya sekitar 2-3 hari dokumen yang diinginkan bisa didapat.

Harga yang ditarif juga tidak begitu mahal, untuk pemalsuan KTP,KK, SIUP, STNK nilainya hanya 50 ribu, untuk Buku Nikah, Akta cerai, Ijazah harganya 150 ribu, sedangkan untuk Sertifikat tanah dijual dengan harga 300 ribu.

Kapolres Tuban Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad mengatakan, berdasarkan keterangan dari pelaku bahwa pekerjaannya baru dilakukan selama lima bulan terakhir, kemungkinan pelaku juga tidak sendirian dalam melakukan bisnisnya tersebut.

"Kita saat ini masih mencari jaringan yang digunakan oleh pelaku, kami yakin pasti ada orang lain yang membantu," ujar Fadly saat pers rilis, Kamis (15/12/2016)

Kapolres asal Makasar itu menjelaskan, pelaku juga membeberkan bahwa ada orang luar yang memberikan konsumen kepadanya. Setelah ada konsumen barulah dia mengerjakan apa yang dipesan dan disesuaikan dengan harganya.

"Kita masih selidiki untuk jaringannya, sebab cukup ahli juga pelaku ini bisa memalsukan dokumen-dokumen penting," terangnya.

Pria berpangkat dua melati dipundak itu menambahkan, perihal penangkapan yang dilakukannya tersebut sumbernya berasal dari laporan masyarakat lalu segeralah ditindaklanjuti oleh tim.

"Dari masyarakat kita dapat informasi aktifitas pelaku, kita kembangkan dan dilakukan penangkapan," pungkasnya.

Petugas juga berhasil mengamankan Barang Bukti STNK, SIUP, KK, KTP, Akta cerai, Buku Nikah, Ijazah, hologram dan Sertifikat tanah palsu. Selain itu beberapa alat Seperti mesin printer, komputer dan Netbook juga turut diamankan.[nok/ito]