Pengembangan Ekonomi Kecil Butuh Sinergi Semua Pihak

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pelaku ekonomi kreatif di Tuban memerlukan perhatian serius oleh Pemda Kabupaten Tuban. Sebab itu, seperti yang dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Miyadi bahwa perlu kiranya gerakan mengangkat ekonomi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Baca juga: [Buku 'Corak Bumi Wali' Diresmikan]

Miyadi menambahkan membina usaha kecil perlu dilakukan sebab mereka menjadi awal perkembangan ekonomi di Tuban. Kendati demikian, sejumlah penelitian kongkrit oleh Pemda Tuban pernah dilakukan namun belum optimal.

"Hal tersebut harus disinergikan Pemda dan instansi terkait agar membantu usaha kecil berkembang," tutur Miyadi dalam peresmian buku Corak Bumi Wali karya Jurnalistik media blokTuban.com, Selasa (29/11/2016).

Lebih lanjut dikatakan, di Tuban terdapat sejumlah perusahan besar berskala nasional. Kehadiran perusahaan tersebut diharapkan peran serta bersama Pemda bersinergi dalam upaya membangun ekonomi masyarakat.

"Dalam buku Corak Bumi Wali ditulis potensi ekonomi dari 20 desa padahal masih banyak lainnya. Sebab itu kita (Pemda, DPRD dan perusahaan besar di Tuban, red) harus melakukan gerakan mengangkat ekonomi contohnya keripik bayam, marning jagung dan batik bisa dikenal di luar Kabupaten Tuban," tambahnya.

Adanya perusahaan dan dengan dana CSR dapat digunakan dalam membangun masyarakat di bidang potensi ekonomi kreatif. "Kalau pontesi dapat dikembangkan perlu pula dibarengi pemberdayaan SDM yang harus digarap agar ketika menjadi perangkat lebih maksimal," pungkasnya. [dwi/col]