Pendingin Hanya Satu, Jasad Keluarkan Bau

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pendingin tempat penyimpanan jasad di kamar jenazah RSUD dr. R Koesma Tuban hanya satu yang berfungsi. Sehingga, tidak semua jasad korban kecelakaan di laut utara jawa tersebut bisa tersimpan.

Baca juga [Tiga Jenazah Masih Tersimpan di RSUD Tuban]

Diketahui, saat ini sudah ada tiga jasad korban yang tersimpan di kamar jenazah rumah sakit setempat. Diperkirakan jumlah akan terus bertambah, apabila tim pencari berhasil menemukan kembali korban lain di laut utara Kabupaten Tuban.

"Kita sebenarnya ada 3 tempat pendingin, namun hanya satu yang berfungsi maksimal," terang Kasubag Hukum dan Humas RSUD dr. Koesma Tuban, Siswanto, kepada blokTuban.com, Senin (21/11/2016).

Akibatnya, hanya satu jasad yang bisa tersimpan di tempat pendingin, sementara dua lainnya tidak. Itu berakibat pada bau tidak sedap menyengat tidak hanya di kamar jenazah, namun juga sampai ke lingkungan sekitar.

"Kalau kapasitas ruangan jenazah sangat luas, cuma pendinginnya hanya satu yang berfungsi maksimal, makanya bau sampai keluar," kata Siswanto.

Dia berharap, jenazah-jenazah itu segera teridentivikasi baik oleh keluarga ataupun petugas kepolisian. "Karena secara alamiah tubuh orang meninggal itu mengalami pembusukan sejak di 24 jam pertama, sedangkan jasad ini sudah tiga hari tanpa disimpan di tempat pendingin," tandasnya. [pur/rom]