Pertahankan Tradisi, Hari Pahlawan Gelar Doa dan Tahlil

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Seputar Hari Pahlawan sekaligus rutinan (selapanan) puluhan warga dari dua dusun di Desa Kedungjambangan menggelar tardisi tahlil dan doa bersama di makam muslim desa setempat, Jumat (11/11/2016).

Acara yang digelar usai Salat Jumat tersebut diikuti berbagai kalangan masyarakat mulai dari petani pegawai, sampai santri dan kiai.

Tokoh masyarakat setempat, Bambang P. ketika memberi mukoddimah acara menyampaikan, kegiatan tradisi yang sifatnya baik semacam ini, senantiasa dipertahankan. Agar sebagai umat muslim selalu mengingat akan tujuan hidup di dunia.

"Kegiatan tersebut semata untuk meningkatkan taqwa pada Allah bukan yang lain," ujarnya, Jumat (11/11/2016).

Memanfaatkan suasana khusuk dalam doa tahlil, banyak warga yang sengaja datang dengan berteduh di bawah pohon rindang. Lantunan penuh khidmat menambah kekhusukan warga.

Suasana hanyut seketika saat lantunan bacaan-bacaan tahlil mulai dikumandangkan. Prosesi ziarah dan tahlil tersebut merupakan kegiatan mendoakan para leluhur sebagai tanda rasa syukur atas jasa-jasa sesepuh yang berperan dalam penyebaran Agama Islam di Nusantara.

"Semoga bisa istiqomah dan keberkahan selalu mengalir pada semua warga desa," harapnya. [rof/col]