Ratusan Santri TPQ Meriahkan Fasi-X di Bangilan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan santri Taman Pendidikan Alquran (TPQ) ikuti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) yang diselenggarakan lembaga pembinaan dan pengembangan TK Alquran (LPPTKA - BKPRMI) Kecamatan Bangilan, Jum'at (11/11/2016).

Ketua penyelenggara, Ustad Dardiri kepada blokTuban.com memaparkan, Fasi-X yang digelar di komplek Madrasah Aliyah (MA) Alflah di jalan TPK Lama Bangilan tersebut diikuti 700 santri putra maupun putri.

"Acara berlangsung hari ini, mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai," terang kepala TPQ Riyadhul Jannah itu.

Banyak kegiatan positif yang bisa diambil manfaatnya dari ajang tahunan ini. Santri sebagai generasi penerus bangsa ini, dengan mengikutkan lomba bermanfaat bagi tumbuh kembangnya pengetahuan dan keterampilan.

"Bagi para juara kita berikan tropi dan piagam," imbuhnya.

Selain sebagai kegiatan rutinitas, FASI juga berperan penting untuk menjaga silaturahmi antar santri, pendidik dan lembaga . Di Festival Anak Sholeh ini materi-materi islami yang dimasukkan di dalam perlombaan, menjadi materi lomba yang berbeda dengan lomba pada umumnya.

Lomba yang diadakan sesatu tahun sekali ini, memperlombakan 12 cabang lomba. Diantaranya Tartil, Cerdas Cermat Alquran, Adzan Dan Iqomah, Shalat, Ceramah, Tilawah, Cerita/Kisah Islami, Tahfid, Mewarnai, Menggambar, Nasyid, dan Kaligrafi.

"Khusus juara satu, berhak mewakili Kecamatan ke tingkat kabupaten," pungkasnya. [rof/ito]