Jelang Akhir Tahun, Serapan APBD Baru 60 Persen

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Penggunaan anggaran tahun 2016 Kabupaten Tuban dinilai masih belum maksimal. Sebab, menjelang habis akhir tahun, sampai saat ini diperkirakan serapan anggaran baru mencapai 60 persen.

Tentu saja anggaran tahun 2016 yang mencapai angka 2 triliun lebih itu masih jauh dari kata efektif penggunaan di setiap instansi yang ada.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mengatakan, memang untuk menjelang akhir tahun ini serapan anggaran masih belum maksimal. Namun meski demikian, di sisa waktu yang ada akan diupayakan seefektif mungkin untuk penyerapan anggarannya.

"Di sisa 2 bulan ini akan diusahakan untuk memaksimalkan penggunaan anggaran sesuai dengan kebutuhan," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (1/11/2016).

Saat ditanya mengenai serapan anggaran terendah di masing-masing SKPD, Budi menjawab, semua masih dalam kategori biasa. Artinya, serapan anggaran di setiap SKPD masih dalam tahap kewajaran, tidak terlalu minim.

"Masih standar dalam penggunaan anggarannya, nanti tentu akan kita evaluasi bersama," imbuhnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tuban itu menambahkan, jika dalam evaluasi ataupun penilaian mengenai minimnya serapan anggaran terdapat poin-poin tertentu, maka tentu akan menjadi perhatian untuk segera ditindaklanjuti.

"Ya kalau sekiranya ada yang kurang maksimal dalam menyerap anggaran tentu akan kita arahkan, karena program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat harus diefektifkan," pungkasnya. [nok/rom]