4 Desa di Bangilan Belum Cairkan DD Tahap II

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebanyak empat desa dari total empat belas desa di Kecamatan Bangilan belum mencairkan Dana Desa (DD) tahap II. Hal itu karena mereka belum menyempurnakan laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan dana desa tahap I, sehingga belum mendapat rekomendasi untuk pencairan dana selanjutnya.

Dari data yang diperoleh blokTuban.com, Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kecamatan Bangilan telah merilis data sebanyak sepuluh desa yang sudah mencairkan dana desa tahap II tahun ini, Senin (31/10/2016).

"Sebagian desa sudah mencairkan DD tahap II lantaran sudah menyelesaikan laporan pertanggungjawaban," ujar Camat Bangilan, Sartono saat ditemui di kantornya, Senin (31/10/2016).

Pihaknya juga meminta, untuk desa yang belum mencairkan antara lain, Sidodadi, Sidotentrem, Kedungharjo dan Weden untuk segera bertindak agar pembangunan terus berjalan dan cepat selesai. Namun, dia juga menekan untuk LPJ masing-masing desa harus benar-benar tuntas, agar bisa mendapat rekomendasi pencairan.

"Biar dibilang sulit, tapi itu demi kebaikan desa dan tim pengelola kegiatan (TPK) agar tidak keliru dan terjerat hukum," tegasnya.

Sementara desa yang sudah mencairkan DD tahap II di Kecamatan Bangilan yakni, Klakeh, Bate, Kablukan, Ngrojo, Sidokumpul, Bangilan, Kedungmulyo, Banjarworo, Kedungjambangan, dan Kumpulrejo. Pemerintah juga meminta agar masyarakat ikut mengawasi penggunaan DD tersebut. [rof/rom]