Haul Usai, Makam Mbah Jabbar Masih Ramai Peziarah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa rangkaian acara Haul Syeikh Abdul Jabbar di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban telah selesai diselenggarakan pada Senin (17/10/2016) hingga Selasa (18/10/2016). Namun, terlihat komplek makam Syekh Abdul Jabbar masih dipadati para peziarah, Selasa (18/10/2016) sore.

Puluhan rombongan dari berbagai wilayah tersebut datang untuk menggelar doa di puncak makam Syeikh Abdul Jabbar. Salah satu rombongan beralasan datang setelah usai haul dikarenakan anggota mereka banyak terdiri dari beberapa mobil bak terbuka, di samping itu beberapa rombongan juga telah berusia lanjut, sehingga mereka datang pada saat komplek dalam keadaan longgar.

Wakil Pembina II Yayasan Abdul Jabbar Nglirip, Nursam mengatakan, memang puncak acara haul ini pada Selasa (18/10/2016) sebelum Dzuhur, namun hingga sore hari puluhan rombongan peziarah masih nampak berdatangan di komplek makam.

"Mungkin hingga besok, peziarah masih ramai," ungkap Nursam kepada blokTuban.com.

Diketahui, haul tersebut dijadwalkan mulai kemarin, Senin pagi pukul 06.00 WIB dengan diawali tahtimul Qur'an bil ghoib. Ketika malam acara dilanjut dengan khataman Qur'an bi Nadhor oleh jamaah umum di komplek makam Mbah Jabbar. Dan hari terakhir, Selasa ditutup dengan kegiatan tahlil kubro dan istighotsah yang dipimpin oleh Gus Ubaid dari Langitan.

"Tadi dalam acara puncak diisi dengan Tahlil bersama dan Istighotsah Kubro," tambahnya. [hud/rom]