Puluhan Personel Amankan Haul Mbah Jabbar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan personel gabungan dikerahkan guna mengamankan haul ke-53 Syekh Abdul Jabbar (Mbah Jabbar), Nglirip, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Senin (17/10/2016).

Kapolsek Singgahan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Totok Wijianarko menjelaskan, aparat akan disebar di beberapa titik kemacetan, mulai masuk dusun Ngemplak di Jalan Singgahan-Montong hingga utara air terjun Nglirip. Kemudian, sebagian juga disiapkan di lokasi kegiatan Haul komplek makam Mbah Jabbar dan di keluar masuk tempat parkir.

"Untuk mengamankan berjalannya acara, kita turunkan 62 aparat gabungan," ujar Totok sapaan akrabnya, Senin (17/10/2016).

Dalam paparannya Totok menambahkan, aparat gabungan tersebut terdiri dari 19 personil Polri, 16 Personil TNI, 6 personil Satpol PP, dan 11 Personil Linmas. Lanjutnya, jalur satu-satunya dari Singgahan menuju kota Tuban itu tetap diberlakukan dua arah.

"Suasana jalur Singgahan-Montong kini padat terurai," imbuhnya.

Seperti diketahui, kegiatan haul ke-53 Mbah Jabbar berlangsung sejak Senin (17/10/2016) pukul 08.00 WIB. Kegiatan yang akan dihadiri ribuan umat muslim ini akan berakhir Selasa (18/10/2016) sore.

Untuk mengimbau para pengguna jalan yang melintas kata dia, khususnya roda empat disarankan untuk memperhitungkan matang-matang.

"Seminggu yang lalu pihak kepolisian juga sudah memasang rambu-rambu di beberapa tempat untuk menjaga kondusifitas lalu lintas," pungkasnya. [rof/ito]