Meski Telat, Ratusan Pelajar Antusias Ikuti Jalan Sehat

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Bangilan menggelar jalan sehat bersama dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1438 Hijriyah tahun 2016. Meski sudah di pertengahan bulan, antusiame peserta cukup tinggi.

Para siswa sebelum berangkat berkumpul di lapangan depan sekolah dengan mendapat arahan dari dewan guru terkait jalur yang akan dilalui bersama, dengan harapan agar tidak menghalangi pengendara yang berlawanan arah di jalan raya.

Ketua penyelenggara, Rohmat Sholihin kepada blokTuban.com mengatakan, maksud dari memperingati tahun baru Hijriyah 1438, bertujuan untuk memperkenalkan syiar Islam kepada peserta didik. Mereka diharapkan dapat mengenang peristiwa sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW dan sahabat dalam memperjuanagkan Islam.

"Peserta dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 putra putri sejumlah 375 anak," beber Rohmat, Minggu (16/10/2016)

Ia menambahkan, kegiatan jalan sehat Muharram 1438 H ini yang menjadi titik balik atau tolak ukur tahun baru Islam, semoga peserta didik menjadi anak yang sholeh dan berguna bagi agama dan bangsa. Peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru Islam adalah merujuk kepada perjalanan Rasulullah Muhammad SAW ketika melakukan Hijrah dari Kota Mekkah ke Madinah sesuai perintah Allah SWT.

"Semoga di tahun ini kita lebih meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT," tandasnya.

Jalan santai yang digelar hari ini, peserta harus melalalui rute start MI Salafiyah bangilan ke utara menuju pertigaan Jalan Setasiun masuk ke Dopyak dan kembali lagi ke MI salafiyah dengan memasuki Desa Bangilan.

"Ketika berjalan, siswa mendapat kupon yang diundi untuk membawa pulang hadiahnya usai acara," pungkasnya. [rof/ito]