Lantik DKT, Bupati: Banyak Seniman Besar Asli Tuban

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sejumlah Pengurus Dewan Kesenian Tuban (DKT) resmi dilantik, bertempat di pendopo Kridha Manunggal, Sabtu (15/10/2016), pukul 10.00 WIB.

Prosesi pelantikan yang dilakukan oleh Bupati Tuban, Fathul Huda, menjadi langkah awal bagi pegiat seni yang ada di kabupaten yang berjuluk Bumi Wali tersebut.

Dalam kepengurusan masa bhakti 2016-2021 itu, tugas di bidang seni akan menjadi pekerjaan rumah bagi Dewan Kesenian Tuban kedepannya, yang kini digawangi oleh Joko Wahono sebagai Ketua DKT.

Fathul Huda dalam sambutannya mengatakan, tugas DKT adalah mengangkat potensi kesenian yang ada di Kabupaten Tuban, karena nilai-nilai kesenian di Tuban masih perlu untuk digali secara lebih mendalam.

"DKT harus bisa mengangkat potensi seni di lokal Tuban," ujar pria asal Kecamatan Montong tersebut.

Bupati yang terpilih dua periode itu menerangkan, di kabupaten, secara historis merupakan tempat orang ahli dari orang-orang berkesenian dan berkebudayaan.

Seperti diketahui bersama, bahwa Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga merupakan Wali Asli Tuban yang pandai dalam bersastra. Oleh karena itu, DKT harus mewarisi keahlian dari tokoh yang diagungkan tersebut.

"DKT harus mampu melakukan itu, menggali potensi seni di daerah," jelasnya.

Bupati yang berlatar belakang pebisnis itu juga menambahkan, selain dua tokoh islami itu juga ada tokoh modern yang asli Tuban yang ahli dalam bermusik. Koes plus merupakan putra daerah asli Tuban yang sukses di blantika musik nasional.

"Sudah ada trahnya di Tuban merupakan tempat dari pada seniman, selamat dan sukses atas pelantikan DKT," tutup Bupati. [nok/rom]