Isi Kemerdekaan dengan Khataman dan Nonton Film Perjuangan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Berbagai macam kegiatan masyarakat Indonesia menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke -71. Sebagaimana dilaksanakan warga Desa Katerban, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban dan masyarakat Tuban lainnya.

"Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan semangat juang para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan. Sebagai warga Negara kita bangga dan patut bersyukur," ujar Penanggung Jawab (PJ) Kepala Desa Katerban, Supoko, Rabu (17/8/2016).

Menurutnya, rangkaian perayaan HUT RI ke-71 sudah dimulai sejak Selasa (16/8/2016) pagi. Para warga berbondong-bondong menuju balai desa setempat untuk menggelar tirakatan berupa khataman Alquran binnadhor.

Supoko menambahkan, lewat kegiatan yang bernuansa islami, pemerintah desa bersama warga meluapkan rasa syukur atas kemerdekaan yang dirasakan saat ini. Mereka berdoa kepada Allah memintakan tempat yang mulia untuk para pejuang yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan RI.

“Kegiatan ini sudah menjadi rutinan kami, saat memperingati HUT RI selama ini,” imbuh pria yang juga Sekretaris Desa Katerban ini.

Perayaan yang sama juga dilaksanakan Radio Sunnatunnur, Senori, Tuban. Kepala Radio Sunnatunnur M. Khoiruddin Naja kepada blokTuban.com mengatakan, dalam rangka menyambut HUT RI ke-71 masyarakat seharusnya lebih berusaha mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu mengenang sejarah para pahlawan juga hal yang penting untuk dilakukan.

Kegiatan malam 17 Agustus di lingkungan Yayasan Sunnatunnur dilakukan dengan menggelar ritual keagamaan. Pihak yayasan mengajak masyarakat sekitar untuk bersama-sama menggelar istighosah, manaqib, tahlil, dan diakhiri dengan nonton bareng film dokumenter perjuangan hingga dini hari.

“Kita juga bagi-bagi doorprize, untuk para hadirin,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut nampaknya cukup memikat para santri dan masyarakat sekitar. Beberapa film diputar untuk tontonan sekaligus tuntunan bagi generasi penerus bangsa. Tampak hadir seluruh keluarga besar Yayasan Sunnatunnur dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK) hingga siswa SMK atau Aliyah.

“Tujuannya agar anak memiliki jiwa patriotisme,” pungkasnya.

Masih Naja sapaan akrabnya, beberapa film yang telah diputar dalam rangka tirakatan dan ritual menyambut kemerdekaan Indonesia yang ke -71 antara lain Sang Kiai, Cut Nyak Dien dan Pertempuran Surabaya 1945. [rof/col]