Jebol Bendungan, Warga Sumurcinde Berebut Ikan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Warga Dusun Maner, Desa Sumurcinde, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban memiliki cara tersendiri merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 71 kali ini. Pemerintah desa setempat menjebol bendungan yang terletak di Dusun Maner.

Tidak menyiakan kesempatan tersebut, warga setempat berebutan ikan yang berkembang biak di bendungan. Sejumlah warga bahkan turun langsung ke bendungan demi mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya.

Salah seorang pemuda setempat, Sujud (23) mengatakan cara seperti ini rutin dilakukan setiap setahun sekali. Jika biasanya dilakukan menjelang sedekah bumi kali ini bertepatan dengan peringatan hari jadi warga Indonesia.

Semua warga masyarakat setempat tidak terkecuali turut berebutan ikan air tawar yang dikembangbiakan dalam bendungan. Panjang  bedungan kurang lebih 250 meter dengan lebar 50 meter menarik minat warga untuk menceburkan ke dalam bendungan. Gelak tawa bergemuruh selama kegiatan tersebut berlangsung.

"Ikan yangg didapat yaitu lele dan dendeng. Setiap orang bisa mendapatkan masing-masing lebih dari 5 ekor ukuran besar," kata pria yang juga tergabung dalam Persatuan Pemuda Dusun Maner (PPDM) tersebut.

Selain kedua ikan tersebut, kata Sujud terdapat pula ikan air tawar lainnya seperti nila, bader, betik, urang dan lainnya. Bisa dikatakan ikan air tawar hampir-hampir membiak di dalam satu wadah, yakni bendungan tersebut.

Menurut warga setempat lainnya, Efendi Sukasto (52) acara tahun ini sangat meriah. Sebab  acara ini sudah ditungu-tunggu warga satu mingu sebelumnya.

"Warga Dusun Maner menyebut acara ini sebagai pesta rakyat," kata pria setengah abad lebih tersebut.

Jauh hari, lanjut Efendi Warga juga sudah mempersiapkan alat menangkap ikan sebelumnya. Kalau orang laki-laki membuat susuk, alat untuk menangkap ikan, lele dan dendeng. Sedangkan ibu-ibu menyiapkan seser untuk menangkap ikan ukuran kecil.[dwi/ito]