Manasik Gabungan Empat Kecamatan Dilaksanakan di Senori

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban melaksanakan acara pembukaan bimbingan manasik haji tahun 1437 H/2016 M, Senin (25/7/2016). Manasik gabungan tersebut, diikuti Calon Jemaah Haji (CJH) yang tersebar di empat kecamatan antara lain Kecamatan Bangilan, Senori, Singgahan, dan Parengan.

Acara yang dihadiri oleh Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Tuban, pejabat Muspika Senori, dan perwakilan UPTD Puskesmas Senori, serta para tokoh masyarakat Senori itu dilaksanakan di Aula KUA Senori.

Kegiatan resmi dibuka oleh Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Senori, Edy Pujo Yuwono. Dalam sambutannya, Edy berpesan agar para CJH benar-benar mengikuti manasik haji dengan serius agar ibadahnya nanti berjalan lancar.

“Tujuan utama manasik nantinya agar kualitas ibadahnya lebih maksimal,” jelas Edy Pujo Yuwono kepada blokTuban.com, Senin (25/7/2016).

Mantak Kepala KUA Jatirogo tersebut mendoakan para CJH nantinya selamat saat berangkat hingga kembali lagi ke tanah air dan menjadi haji yang mabrur.

Sementara itu, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Tuban, Abdul Ghofar menyampaikan, bahwa Kesehatan para CJH adalah yang utama. "Kalau memang sudah mendapat panggilan dari Allah, bagaimanapun pasti berangkat. Jika memang belum. Ibaratnya sudah berada di asrama haji ada saja halangannya untuk tidak berangkat,” tandasnya saat membekali para CJH.

Adapun dari 75 CJH yang tergabung dalam KBIH Senori di tahun 2016 rinciannya sebagai berikut, Kecamatan Bangilan 23 orang, Kecamatan Senori 15 orang, Kecamatan Singgahan 14 orang dan Kecamatan Parengan 23 orang.[rof/col]