Pemkab Dukung Pembangunan Kilang Minyak Rosnef di Tuban

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban mendukung sepenuhnya langkah dari Pemerintah Pusat terkait perencanaan pembuatan kilang minyak dari Perusahaan asal Rusia, Rosneft, Rabu (6/7/2016).

Pembuatan kilang minyak yang berada di kecamatan Jenu dengan melibatkan beberapa desa wilayah tempat penyimpanan minyak tersebut. Seperti, Desa Wadung dan Mentoso.

Bupati Tuban Fathul Huda, menyatakan dukungannya terhadap langkah pemerintah untuk membangun kilang minyak dari Rosneft di Kabupaten yang dia pimpin. Sebab, diakui atau tidak pembangunan kilang nantinya akan berdampak bagi perekonomian masyarakat sekitar.

"Kita mendukung langkah pemerintah, Pemkab harus siap dengan rencana pembangunan yang dicanagkan oleh Pemerintah Pusat," ujarnya Bupati yang terpilih dua periode itu.

Selanjutnya, mantan ketua Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama Kabupaten Tuban itu menambahkan, dengan dibangunnya kilang minyak oleh perusahaan berskala International di Kabupaten yang berjuluk Bumi Wali tentu akan menjadikan gairah bagi perekonomian di Tuban. Karena seperti diketahui, bahwa banyak sekali perusahaan besar telah menancapkan bendera di Kabupaten yang berada di perbatasan Jawa Timur Jawa Tengah ini.

"Saya berharap kedepannya banyak manfaat atas berdirinya Rosneft di Tuban, terutama dalam penyerapan tenaga kerja," pungkasnya.

Diketahui, Pembangunan kilang minyak oleh Rosneft membutuhkan lahan sebanyak 340 hektar, semua lahan yang tersedia merupakan milik Departemen Kehutanan. Lahan yang tersedia sebanyak 80 persen berada di Desa Wadung dan Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, dan sisanya sebesar 20 persen berada di area PT Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Awar-awar yang juga ada di lokasi sama. [nok/rom]