Sumur Ketheg Dagangan, Peninggalan Bupati Tuban ke-7

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sumur Pateguhan atau sering disebut warga sekitar dengan nama Sumur Ketheg yang berada di Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban diyakini warga sekitar adalah sumur peninggalan Syeikh Abdurrohman atau Tumenggung Raden Haryo Tedjo.

Tumenggung Raden Haryo Tedjo merupakan Bupati Tuban yang ke-7 yang dimakamkan di Desa Dagangan. Dari kisahnya, juru kunci makam, Samani Bin Mardam mengatakan, dulu sumur pateguhan ini airnya digunakan untuk sesuci atau berwudlu saat akan menunaikan ibadah salat.

"Dulu sumur tersebut airnya digunakan untuk sesuci," ungkap Samani Bin Mardam, juru kunci makam Tumenggung Raden Haryo Tedjo, kepada blokTuban.com, Selasa (14/6/2016).

Hingga saat ini, air dari sumur yang berada di area bawah makam Tumenggung Raden Haryo Tedjo berjarak sekitar 200 meter tersebut masih dipergunakan oleh warga sekitar untuk keperluan mandi.

Sumur tersebut telah direnovasi pada tahun 2004, dengan diberi rumahan rapat berukuran kurang lebih 4x8 meter. Diyakini pula air yang berada di sumur tersebut juga mampu menyembuhkan bermacam penyakit.

Juru kunci makam menambahkan, setiap musim kemarau sumur tersebut juga tidak pernah habis airnya, meskipun setiap hari ada yang mempergunakan air dari sumur tersebut.

"Kalau di pandang dari bagian atas sumur, air tersebut berwarna hitam, namun apabila telah diambil airnya sangat jernih," tambah Juru kunci ke-7 tersebut. [hud/rom]