Makam Bejagung Lor Tampak Sepi Saat Ramadan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Makam Syeikh Abdullah Asy'ari atau masyarakat Kabupaten Tuban mengenalnya dengan sebutan makam Bejagung Lor tampak sepi saat bulan ramadan. Makam yang berada di Desa Bejagung Kecamatan Semanding ini terlihat lengang saat bulan suci ramadan.

Menurut Juru Kunci makam, Darmawan, memang saat bulan ramadan pengunjung makam bejagung sepi, tidak ramai seperti hari biasa. Hal itu tentu dikarenakan orang lebih mengutamakan untuk menjalankan ibadah puasa agar tidak membuang energi berlebihan.

"Mungkin lebih pada menghemat energi untuk berpuasa, jika dipaksakan nanti akan menguras tenaga dan bisa mengakibatkan batal," jelasnya, kepada blokTuban.com, Senin (13/6/2016).

Lebih lanjut, Pria yang kesehariannya sebagai Imam Masjid Bejagung Lor itu menambahkan, jika selama bulan puasa memang masih ada peziarah, namun itu berasal dari warga sekitar dan jumlahnya juga tidak banyak.

"Ya kemungkinan peziarah bisa sampai sekitar 10 orang, yang jelas tidak sebanyak seperti saat tidak bulan puasa," pungkasnya. [nok/rom]