Swasembada Pangan Fokus Tujuh Komoditas Strategis
 
Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Percepatan peningkatan swasembada pangan di Kabupaten Tuban oleh Dewan Ketahanan Pangan fokus pada tujuh komoditas pangan strategis.

Tujuh komoditas tersebut yakni padi, jagung, kedelai, gula, daging sapi, bawang merah dan aneka cabai. Swasembada komoditas pangan kali ini, selain meningkatkan peran dewan ketahanan pangan pula melibatkan dinas pertanian, perikanan dan kehutanan.

Fokus komoditas yang dijadikan percepatan berkaitan dengan upaya pemantapan ketahanan pangan. Salah satunya, mweujudkan program aksi pangan dan gizi menuju kedaulatan nasional.

"Masalah ketahanan pangan Kabupaten Tuban cukup berat. Terlebih, menghadapi dinamika percepatan pembangunan yang cukup drastis," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana.

Dalam percepatan swasembada tujuh komoditas tersebut diperlukan langkah operasional percepatan pencapaian. Percepatan dibutuhkan mengetahui kondisi riil ketersediaan komoditas terkait.

Berikutnya, langkah yang diambil diperlukan informasi terkait permasalahan dan tantangan yang dihadapi. Sehingga stategi ppercepatan dapat dilakukan dengan menyusun program aksi.[dwi/col]