Sekda: Swasembada Pangan Perlu Perencanaan Matang

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban menjadi ujung tombak pemerintah dalam merumuskan alokasi pangan selama periode kepemerintahan. Sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Sekretaris Daerah, Budi Wiyana mengharapkan usulan inovatif dalam rangka mendorong swasembada pangan Kabupaten Tuban.

"Dari tim kecil ini diharapkan mengkoordinasikan rapat secara paripurna dan bisa memfinalkan materi rapat koordinasi sebelumnya yang telah dilakukan," kata Budi dalam rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan oleh Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Selasa (31/5/2016).

Budi menuturkan, masalah ketahanan pangan Kabupaten Tuban cukup berat. Terlebih, menghadapi dinamika percepatan pembangunan yang cukup drastis.

Menurut Budi, saat ini sistemnya taat perencanaan sebab apabila tidak ada dalam perencanaan, tidak mungkin program bisa dialokasikan. Jika dulu ada program dadakan, sekarang karena menggunakan sistem elektronik sehingga semua harus dengan perencanaan matanh.

"Hasil rapat segera dikoordinasikan dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD)," kata Budi menambahkan.[dwi/col]