Prosedur Medis yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Reporter: --

blokTuban.com - Mengobati diri sendiri memang sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan, namun ada beberapa kondisi "darurat" yang sebenarnya dapat diatasi di rumah tanpa perlu ke dokter.

Menurut Dr.James Hubbard penulis buku The Survival Doctor's Complete Handbook, ada beberapa prosedur medis yang bisa diselesaikan sendiri.

1. Telinga tersumbat "lilin"
Sumbatan kotoran telinga atau lilin bisa menyebabkan kita kehilangan sebagian pendengaran.
Dalam keadaan normal, sejumlah kecil kotoran telinga pada waktunya akan muncul dan terbuang dengan sendirinya. Tapi, bisa saja terjadi penumpukan kotoran yang berlebihan.

Untuk mengatasinya, isilah pipet dengan air suam-suam kuku. Ingat, penggunaan air dingin atau panas bisa mmebuat pusing hebat. Sambil menundukkan kepala, tarik daun telinga kanan dengan tangan kiri melewati leher belakang lalu semprotkan air perlahan-lahan.

Setelah itu putarlah kepala supaya air terbuang keluar. Lakukan beberapa kali sampai sumbatan jatuh ke luar.

2. Mengatasi kutil
Rendam kutil dalam air sekitar 15 menit. Potong sedikit plester atau lakban seukuran kulit lalu tempelkan di bagian kutil. Biarkan selama 6 hari, tapi ganti lakban jika terlepas. Setelah 6 hari, cabut lakban dan rendam kembali bagian kutil, lalu pakailah lakban. Lakukan ini sampai kutilnya lepas.

3. Ada benda asing di mata
Jika Anda merasa tidak nyaman karena ada sesuatu di mata, namun tidak bisa kita lihat, kemungkinan benda kecil itu bersembunyi di kelopak mata atas.

Untuk menyingkirkannya, ambil dua cotton bud bersih. Tahan bagian kelopak mata dengan cara membaliknya. Lalu melihat ke bawah dan kedipkan mata. Jika benda asing tersebut terlihat, angkat dengan cotton bud lainnya.

4. Luka memar
Luka memar atau terkilir biasanya akan menjadi bengkak. Teknik yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan adalah dengan RICE (Rest, Ice, Compress, Elevate).

Istirahatkan bagian tubuh yang cidera, kompres dengan es sekitar 10 menit. Kemudian bebat area itu dengan pembebat elastik, tapi jangan terlalu ketat agar sirkulasi tak terganggu. Terakhir, angkat bagian yang cidera lebih tinggi dari jantung.

5. Perdarahan
Tekanan langsung pada bagian yang berdarah bisa menghentikan 90 persen perdarahan. Ambil lap bersih dan tekan ke bagian luka. Tahan selama beberapa menit. Jika perdarahan terus berlanjut, cari turkinet sambil menunggu kendaran yang membawa ke rumah sakit. [lis]

Sumber: kompas.com