Waspada Kandungan Berbahaya, Baca Label Sebelum Membeli

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kegiatan memberi info dan memastikan keamanan obat dan pangan jadi salah satu tugas pokok Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Untuk sosialisasi, Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPOM di  Provinsi Jawa Timur sendiri memiliki kegiatan rutin bekerjasama dengan dinas terkait.

Membaca label sesebelum membelia menjadi hal yang perlu dilakukan, kata Kepala Balai Besar POM Jatim, I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa dalam kesempatan promosi keamanan pangan balai besar POM Surabaya, Selasa (10/5/2016). Sebab, sejauh ini menjadi kebiasaan kurang baik masyarakat dalam mengkonsumsi makanan, minuman atau obat tanpa meneliti label.

"Pihak BPOM memiliki kewenangan mengawasi keamanan beberapa produk, tidak terbatas makanan dan obat. Yaitu produk biologi, Narkotika, psikotropika dalam pembuatan obat, rokok, kosmetika obat tradisional produk komplemen (suplemen makanan) pangan dan bahan berbahaya," kata Bagus sapaan akrabnya.

Dengan membaca label seseorang bisa mudah memastikan kandungan yang ada dalam makanan dan obat. Seperti kandungan bahan pembuatan dan tanggal kadaluarsa.

"Seperti kebanyakan orang sekarang saat mengkonsumsi air mineral kemasan botol ataupun bekas misalnya juga perlu diperhatikan," pungkas Bagus. [dwi/col]