Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Beberapa siswa dari SMA Negeri 1 Tuban Jurusan IPS, berkunjung ke Desa Sugihan Jatirogo, Kabupaten Tuban, tepatnya di kediaman kepala desa setempat, Minggu (8/5/2016)

Kunjungan yang terdiri lima siswa itu dipimpin Adam Adjie, tersebut berlangsung sekitar 30 menit. Para siswa ini tampak asyik berdiskusi dengan Kepala Desa Sugihan, Suharto.

"Tujuan kita ke sini, terkait wawancara seputar sejarah, peristiwa agresi militer di Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo" jelas Adjie, kepada blokTuban.com.

Adjie menjelaskan, dalam kunjungannya, selain menggali sejarah, mereka juga napak tilas ke Masjid Sudirman.

Suharto dengan ramah menjelaskan ringkasan sejarah perjuangan Jendral Sudirman melawan pemberontakan di Sugihan.

"Singkat cerita memang benar adanya, kalau dulu di sini pernah terjadi pemberontakan oleh Belanda, Jenderal Sudirman lah yang memimpin tentara Indonesia waktu itu untuk mengusirnya," jelas Kades dua periode ini.

Masih terkait perjuangan di desa ini, terdapat bukti sejarah yaitu monumen sebagai bukti sejarah berupa Masjid Sudirman.

"Masjid ini merupakan kenang-kenangan, bentuk rasa terima kasih Jendral Sudirman kepada warga Sugihan, selain Masjid juga terdapat sumber mata air yang digunakan untuk keperluan minum dan pertanian," pungkas Kedes kelahiran 1968 ini. [rof/col]