Dapat Jaminan, Portal Parkir Bus Wisata Kebonsari Dibuka

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pembecak dan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang memblokir akses pintu masuk Parkir Wisata Sunan Bonang, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, akhirnya melakukan mediasi dengan petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub). Mediasi tersebut dilakukan perwakilan PKL dan pembecak dengan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban, Faraith, dan dimediasi Kapolsek Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Supar.

Mediasi sempat berjalan alot. Karena, pengunjuk rasa meminta agar portal yang ada di kawasan Pantai Boom ditutup sekarang juga untuk bus wisata. Mereka juga meminta agar petugas bersikap tegas menegakkan aturan dan kesepakatan kedua belah pihak.

"Kalau tidak ditutup sekarang juga, kami tidak akan membuka portal ini," kata beberapa PKL yang berteriak mendengar permintaan petugas.

Kapolsek Tuban, AKP Supar, mengatakan, parkir wisata merupakan domain dari Dishub Tuban. Kendati demikian, petugas kepolisian akan membantu agar permasalahan ini bisa diselesaikan. Petugas kepolisian, juga akan membantu penindakan supaya bus dan kendaraan wisata bisa parkir di tempat semestinya.

"Sebagai Kapolsek, saya jamin besok pagi sudah sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Supar.

Setelah melakukan mediasi sekitar satu jam. Akhirnya PKL dan pembecak bersedia membuka portal yang mereka rantai. Syaratnya, mereka meminta agar portal yang masuk di kawasan Pantai Boom ditutup sekarang juga untuk bus. Kecuali pada jam dan hari yang disepakati bersama.

Sebelumnya, tukang becak dan Pedagang Kaki Lima (PKL) memblokir pintu masuk kawasan Parkir Wisata Sunan Bonang, di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Aksi blokir jalan ini, dilakukan dengan memasang rantai dan gembong di portal masuk parkir wisata. Mereka juga menghalau beberapa bus wisata yang akan masuk ketempat ini.

Aksi dipicu karena kekesalan karena masih adanya bus pariwisata yang parkir di kawasan Pantai Boom, yang berada di sisi utara alun-alun Tuban. Menurut mereka, hal itu melanggar kesepakatan bersama antara PKL dan pembecak Parkir Wisata Sunan Bonang dengan PKL yang berada di kawasan Pantai Boom Tuban.

"Selain itu kan sudah ada aturan dan Perdanya, kalau semua bus wisata masuk ke tempat parkir. Di situ (pantai boom) tidak boleh ada bus yang parkir," jelas Wakil Ketua Paguyuban PKL, Tono, kepada blokTuban.com. [pur/col]