Pembecak dan PKL Blokir Pintu Masuk Parkir Kebonsari

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Tukang becak dan Pedagang Kaki Lima (PKL) memblokir pintu masuk kawasan Parkir Wisata Sunan Bonang, di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Aksi blokir jalan ini, dilakukan dengan memasang rantai dan gembong di portal masuk parkir wisata. Mereka juga menghalau beberapa bus wisata yang akan masuk ke tempat ini.

Aksi mereka lakukan, sebagai buntut kekesalan karena masih adanya bus pariwisata yang parkir di kawasan Pantai Boom, yang berada di sisi utara alun-alun Tuban. Menurut mereka, hal itu melanggar kesepakatan bersama antara PKL dan pembecak Parkir Wisata Sunan Bonang dengan PKL yang berada di kawasan Pantai Boom Tuban.

"Selain itu kan sudah ada aturan dan Perdanya, kalau semua bus wisata masuk ke tempat parkir. Di situ (pantai boom) tidak boleh ada bus yang parkir," jelas Wakil Ketua Paguyuban PKL, Tono, kepada blokTuban.com.

Mereka menilai, petugas yang terkait, baik Dishub ataupun petugas kepolisian tidak tegas menegekan aturan. Terkesan ada pembiaran bus terparkir di kawasan Pantai Boom melebihi batas aturan yang ditetapkan bersama.

"Kalau kesepakatan dan aturan tidak ditegakkan, PKL dan pembecak parkir wisata Sunan Bonang yang akan dirugikan," kata Tono.

Aksi ini, dimulai sekitar pukul 14.00 WIB, sampai pukul 16.00 masih dilakukan negoisasi dari Dishub Tuban dengan dimediasi anggota Polsek Tuban. [pur/ito]