Besok Rekayasa Lantas Segmen Dua akan Dilaksanakan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Rekayasa Lalu lintas (Lantas) akan kembali dilaksanakan pada besok Jumat (15/4/2016) di jalan yang sama, yaitu Jalan Basuki Rahmat Tuban. Namun hanya berbeda titik pelaksanaannya. Rekayasa ini untuk mengatur lajur pengendara di jalan yang sangat padat kendaraan lalu lintas, karena seperti diketahui bahwa di jalan tersebut adalah kawasan sentral pertokoan, sehingga saat-saat tertentu sering terjadi kemacetan.

Kasi Hubungan Darat Dinas Pehubungan (Dishub) Pemkab Tuban, Imam Isdarmawan mengatakan, rekayasa lantas akan kembali dilaksanakan mulai hari Jumat sampai Sabtu lusa, bahwa nanti yang akan dilakukan dalam rekayasa lantas ini bertujuan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di jalan jantung dari Kota Tuban.

"Ada perubahan lajur, untuk sebelah utara jalan agak dipersempit dan hanya digunakan kendaraan roda dua, sedangkan yang selatan untuk roda empat dan juga roda dua," terangnya kepada blokTuban.com

Sementara itu, sebelumnya Kasatlantas Polres Tuban, Dyno Indra Setiadji mengatakan, bahwa rekayasa ini baru tahap ujicoba, belum bisa dipastikan untuk ditetapkan pelaksanaannya. Karena dilihat dulu perkembangannya saat dilakukan rekayasa lantas, apakah efektif mengurai kemacetan atau justru sebaliknya.

"Setelah tahap ujicoba selesai, maka akan dilanjutkan diforum diskusi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), diforum itulah nantinya akan diputuskan," pungkasnya.

Diketahui, bahwa sebelumnya rekayasa lantas segmen pertama dilakukan mulai dari perempatan pemuda hingga pertigaan veteran Jl.Basuki Rahmat, dan untuk segmen kedua akan dilaksanakan di perempatan pemuda hingga ke jembatan sambong.[nok/ito]